Halaman

Lagi, Cerita Mencekam di Pabrik Perakitan iPad

Posted by Admin on Senin, 06 Februari 2012

BEIJING - Cerita mengenai keadaan tidak manusiawi yang terjadi terhadap burung pabrik perakitan iPad, Foxconn, terus terungkap. Salah satu kisah miris datang dari karyawan berusia 18 tahun dipekerjakan tidak manusiawi di pabrik tersebut.

Nona Chen, namanya sengaja disamarkan, menatap penuh rasa ingin tahu ketika melihat ntuk pertama kalinya. Dia kagum dengan fungsionalitas tablet. Gadis itu pun akhirnya setuju untuk bekerja di pabrik Foxconn, dengan harapan dapat memperbaiki hidupnya ke arah lebih baik

Tinggal di sebuah desa di luar megacity selatan Chongqing, Chen adalah mahasiswa dan calon ahli biologi, meskipun dia dipaksa untuk bekerja dengan baik.

Dia mengambil risiko ketika dia setuju untuk mengungkapkan budaya militer Foxconn kepada pers, sebagai pekerja dilarang untuk menantang otoritas, karena bila tidak tanggung jawab di mata hukum telah siap menantinya. Seperti ceritanya, Chen dijanjikan banyak manfaat dan lembur sedikit ketika ia menerima pekerjaan di Foxconn.

Ketika ia akhirnya tiba di pabrik, dia mendapatkan keadaan sama sekali berbeda - hanya karyawan senior mendapat manfaat dari fasiltas yang baik. Dia juga harus melakukan banyak pekerjaan lembur.

"Selama hari pertama saya bekerja, seorang pekerja yang lebih tua berkata kepada saya, 'mengapa Anda datang ke Foxconn? Jangan pernah berpikir tentang hal itu lagi dan pergi sekarang, "kata Chen kepada CNN, Senin (6/2/2012).

"Karyawan Foxconn punya pepatah, 'mereka menggunakan perempuan sebagai laki-laki dan laki-laki sebagai mesin.'"

Setelah mengetahui semua ini, Chen telah memutuskan bahwa dia akan kembali ke studinya di sebuah universitas Chongqing.

"Ini sangat membosankan, saya tidak bisa tahan lagi. Sehari-hari adalah seperti: saya turun dari kerja dan aku pergi tidur. Saya bangun di pagi hari, dan saya pergi bekerja. Ini adalah rutinitas sehari-hari saya dan saya hampir merasa seperti binatang, "kata Chen.

Baik Foxconn dan Apple menanggapi permintaan komentar dari CNN dan mengatakan bahwa mereka mengambil tanggung jawab mereka untuk karyawan sangat serius.

"Kami peduli setiap pekerja dalam rantai pasokan di seluruh dunia. Kami bersikeras bahwa pemasok kami memberikan kondisi kerja yang aman, memperlakukan pekerja dengan bermartabat dan hormat, dan menggunakan proses manufaktur ramah lingkungan dimanapun produk Apple yang dibuat. Pemasok kami harus memenuhi persyaratan tersebut jika mereka ingin terus melakukan bisnis dengan Apple," komentar resmi dari Apple. (tyo)


Sumber : www.okezone.com